Kegunaan Metanol sebagai Pelarut dan Bahan Penunjang Proses Ekstraksi

Info Harga Silakan Hubungi Admin

Kegunaan Metanol sebagai Pelarut dan Bahan Penunjang Proses Ekstraksi Reviewed by Penyunting Dua on . This Is Article About Kegunaan Metanol sebagai Pelarut dan Bahan Penunjang Proses Ekstraksi

Kegunaan Metanol sebagai Pelarut – Sekarang ini penggunaan bahan – bahan kimia sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat. Terlebih sekarang ini banyak industri kecil hingga menengah yang mulai merambah usaha berbasis kimia. Namun tentunya bahan kimia yang digunakan adalah bahan kimia yang sesuai dosis atau takaran serta dengan proses… Selengkapnya »

Rating: 1.0
    Order via SMS

    6281385417070

    Order Via SMS/Telepon/ Whatsapp. Sebutkan saja namamu, asal kota mana, mau belanja apa saja, berapa banyak. Tim admin Kami segera merespon-nya. 
    Kode Produk:
    Stok Tersedia
    Detail Produk
    28-06-2018

    Kegunaan Metanol sebagai Pelarut – Sekarang ini penggunaan bahan – bahan kimia sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat. Terlebih sekarang ini banyak industri kecil hingga menengah yang mulai merambah usaha berbasis kimia. Namun tentunya bahan kimia yang digunakan adalah bahan kimia yang sesuai dosis atau takaran serta dengan proses penyimpanan dan penggunaan yang tidak membahayakan masyarakat sekitar dan lingkungan.

    Bahan – bahan kimia yang biasanya digunakan seperti bahan kimia untuk pelarut, bahan kimia untuk proses kristalisasi, dan juga untuk proses pengawetan maupun pendinginan makanan. Bahan kimia yang familiar digunakan adalah untuk pelarut seperti metanol, etanol, toluena, n-heksana, dan masih banyak lagi. Diantara bahan pelarut tersebut yang biasa digunakan karena sifatnya yang mudah melarutkan bahan kimia organik, yaitu metanol.

    Sebelum membahas lebih lanjut tentang metanol, tahukah Kakak apa metanol itu?

    Bagi kakak – Kakak yang sering beraktivitas di laboratorium atau di lembaga – lembaga penelitian atau pun Kakak – Kakak yang mempunyai usaha yang menggunakan metanol sebagai bahan baku maupun bahan penunjang, tentu sudah tahu apa itu metanol.

    Tapi, jangan khawatir bagi kakak – kakak yang belum tau apakah itu metanol, yuk scroll sampai bawah ya Kak!

    Kegunaan Metanol sebagai Pelarut

    Nah, jadi apasih metanol itu?

    Metanol, atau yang juga mempunyai sebutan lain metil alkohol, wood alcohol, atau spiritus, adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CH3OH atau CH4O dengan berat molekul 32,04. Metanol merupakan bentuk dari alkohol yang paling sederhana yang memiliki beberapa ciri – ciri.

    Diantara ciri – ciri dari metanol adalah memiliki titik didih 64,50, bersifat ringan, mudah menguap, tidak berwarna, dan  mudah terbakar.

    Metanol Pelarut Organik (Kontak via SMS/ Telepon/ WhatsApp: 0813 8541 7070)

    Metanol Pelarut Organik (Kontak via SMS/ Telepon/ WhatsApp: 0813 8541 7070)

    Sebelumnya, kita akan membahas sejarah dari metanol. Kegunaan metanol sebagai pelarut bermula dari proses pengawetan mayat dimana orang Mesir kuno menggunakan campuran metanol untuk proses tersebut. Pada saat itu metanol dihasilkan dari melalui proses distilasi kotak kayu kemudian dilanjutkan dengan proses yang masih panjang.

    Sedangkan metanol digunakan pada beberapa bidang, mulai diaplikasikan untuk bidang industri, bidang pendidikan (untuk penelitian), dan masih banyak lagi kegunaan yang lainnya. Kegunaan metanol dalam industri digunakan sebagai bahan baku maupun bahan penunjang untuk industri yang berbasis kimia atau bisa juga diaplikasikan pada industri kecil menengah misalnya saja pada kegunaan metanol sebagai pelarut untuk pembuatan parfum.

    Pada bidang pendidikan, metanol digunakan untuk penelitian dalam skala besar dan juga untuk penelitian dalam skala kecil (laboratorium). Misalnya saja untuk proses esktraksi, bahan pendingin, dan masih banyak lagi.

    Selain itu, metanol juga ditambahkan pada beberapa produk komersial dan produk konsumen, diantaranya adalah:

    • Cairan duplikasi,
    • Bahan bakar kaleng padat,
    • Penghilang cat,
    • Bahan bakar peswat model,
    • Cairan pembalseman,
    • Denaturant untuk etanol,
    • Sebagai pelarut atau solvent untuk perekat dan tinta,
    • Bahan bakar motor alternative, dan
    • Nail polish remover.

    Metanol atau metil alkohol diperdagangkan dengan berbagai variasi kadar atau konsentrasi. Perbedaan kadar atau konsentrasi ini berkaitan dengan pemakaian pada metanol. Sehingga sebelum membeli metanol, hendaknya harus mengetahui terlebih dahulu untuk proses apa metanol digunakan. Dengan mengetahui prosesnya, tentu selanjutnya bisa diketahui berapa kadar atau konsentrasi yang dibutuhkan.

    Kegunaan Metanol sebagai Pelarut

    Mengingat metanol merupakan cairan yang mudah menguap dan mudah terbakar, tentunya dalam penyimpanannya harus lebih berhati – hati. Hendaknya metanol disimpan atau diletakkan pada tempat yang jauh dari loncatan api yang dihasilkan dari listrik maupun rokok, disimpan pada tempat yang bertemperatur rendah (tempat yang dingin) serta berventilasi.

    Kegunaan Metanol dalam Industri (Kontak via SMS/ Telepon/ WhatsApp: 0813 8541 7070)

    Kegunaan Metanol dalam Industri (Kontak via SMS/ Telepon/ WhatsApp: 0813 8541 7070)

    Salah satu supplier bahan kimia yang menyediakan metanol pelarut organik adalah Limpio Group. Limpio merupakan supplier bahan – bahan kimia dan chemical household. Bagi kakak kini sedang membutuhkan metanol untuk keperluan riset maupun sebagai bahan baku maupun bahan penunjang usaha, Kakak bisa langsung order atau jika ingin bertanya – tanya mengenai harga dan detail produk bisa langsung menghubungi,

    SMS / Telepon / Whatsapp : 0813 8541 7070

    Bisa juga dengan autochat dengan langsung klik link di bawah ini,

    Kontak langsung ke whatsapp 0813 8541 7070

    Topik:

    fungsi metanol sebagai pelarut

    Tags: , ,

    There are no comments yet, add one below.

    Berikan Komentar/Review Anda

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

    Produk Terkait

    Produk Lainnya