Silikon Oil Untuk Mobil Atau Cairan Penetran ? Pilih Sesuai Selera Anda

Monday, September 18th 2017.

Silikon oil untuk mobil dan cairan penetran merupakan bahan yang memang bisa digunakan untuk antai atau penghilang karat. Mobil selalu tampil prima dan nyaman ketika digunakan tentu Anda membutuhkan berbagai jenis cairan untuk disemprotkan pada bagian mobil tertentu. Namun, banyak yang belum mengetahui secara pasti tentang penggunaan cairan tersebut baik itu fungsi dan manfaatnya. Untuk kali ini kita akan membahas tentang cairan jenis penetran dan silikon.

Cairan penetran dan silikon itu bahan nya beda, begitu pula kegunaan dan fungsinya. Akan tetapi saat ini para pemilik mobil tidak mau repot repot dengan memililih produk yang sering digunakan tanpa mencoba produk lain. Cairan penetran itu sendiri lebih dikenal oleh kebanyakan orang bisa digunakan untuk menghilangkan karat baik itu karat yang ada pada mesin maupun luar mesin pada mobil.

Pada umumnya semua penetran itu sama saja kategorinya yaitu digunakan untuk anti karat. Disamping itu ada lagi penggolongannya, contohnya saja cairan ini digunakan untuk apa penghilang karat. Silikon umumnya digunakan pada benda yang berbahan dasar karet dan plastik. Sedangkan penetran umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai bunyi yang muncul pada kendaraan yang bermasalah.

Silikon Oil Untuk Mobil Sebagai Anti Karat

silikon oil untuk mobil

silikon oil untuk mobil

Silikon memilki banyak sifat, misalnya saja setelah di semprot kemudian langsung hilang namun ada juga yang masih menyisakan pelumas. Silikon dapat digunakan pada karet kaca jendela mobil supaya bisa lebih lancar dan tidak muncul bunyi ketika kaca digerakkan. Selain itu juga dapat digunakan pada dasbor bila sambungan plastik sudah cukup kering dan menimbulkan bunyi yang menganggu.

Akan tetapi tidak semua dasbor perlu diberikan cairan tersebut sebab ada juga dasbor yang sudah diberi perlindungan menggunakan cleaner. Dengan begitu dasbor terlihat mengkilap sebab sudah mengandung silikon. Meski demikian, Anda juga harus hati hati sebab ada silikon yang lengket dan ada juga yang tidak. Misalnya saja ada merek tertentu yang disemprotkan pada dasbor lalu dasbor tersebut akan lengket dan justru menampung banyak debu.

Silikon oil adalah bahan kimia yang mempunyai sifat yang licin sebab titik didih dari silikon sekitar 300°C . Namun silikon ini juga bisa lentur menjadi seperti karet.  Sedangkan penetran sendiri biasanya memiliki kemampuan untuk memecahkan dan melarutkan, misalnya saja menghilangkan karat. Silikon itu sifatnya tidak bisa menempel atau water repellent namun beda halnya dengan penetran yang tidak memiliki sifat water repellent. Saya berikan contoh, misalnya saja seperti distributor, karburator, dan kabel busi yang mudah terkena air semua itu dapat di atasi dengan menyemprotkan silikon.

Bunga apa atau percikan pada kabel busi yang terkena air bisa dicegah dengan menyemprotkan silikon supaya tidak bisa bocor. Hal tersebut bisa dilakukan sebab silikon tidak menghantarkan arus listrik jadi aman untuk di pakai. Disamping itu ada juga bahan yang di beri nama adhesive lubricant dengan ketahanan panas mencapai 250°C . Bahan ini sangat cocok untuk mengatasi berbagai bunyi yang muncul dari bagian mobil yang bisa di cuci steam.

Dengan begitu lubricant atau di indonesia terkenal dengan kata GEMUK ini mudah rontok dan larut terkena air panas karena semprotan air dengan tekanan yang cukup tinggi. Walaupun bahan ini atau adhesive lubricant sudah cukup lama ada namun ternyata masih sangat sedikit yang mengetahuinya. Keunggulan dari adhesive lubricant adalah jika engsel pintu disemprot bahan ini bisa berjalan dengan baik sebab tidak luntur saat terkena air. Beda halnya dengan penetran dan silikon yang jika kena air akan luntur jadi tidak akan bisa membantu.

Sebaiknya pengguna cairan maupun silikon ini harus mengetahui fungsi dan manfaatnya. Jangan sampai Anda hanya memilih karena harganya murah namun tidak mengetahui fungsinya. Pada intinya , silikon oil bisa digunakan pada karet pintu jendela mobil. Namun Anda juga harus tau bahwa meskipun silikon mempunya sifat water repellent namun bahan ini lama kelamaan akan larut dan dapat menyebabkan karat sebab mengandung acid yang menmbulkan karat pada bagian mobil.

Anda kesal karena bagian mobil sering muncul bunyi bunyi yang mengganggu? Yap, tidak ada salahnya Anda mencoba produk baru dalam merawat mobil terutama pada bagian yang sering menimbulkan bunyi dan karatan. Anda ingin mendapatkan silikon oil untuk mobil yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah Anda tersebut ? Jika YA maka Anda bisa menghubungi CS kami di nomor Telepon / WA/ SMS 0813 8541 7070 .