Apa Itu Metanol ? Yuk Gan Ketahui Dulu Kegunaannya Untuk Apa

27 September 2017 - Kategori Blog

Apa itu metanol ? pernahkah Anda mendengar kata tersebut? Atau mungkin Anda sudah pernah dengar namun belum tahu kegunaannya? Yap, kali ini kami akan membahsas tuntas mengenai metanol. Metanol sering disebut sebagai metil alkohol, wood alcohol atau spiritus, yang termasuk senyawa kimia dengan rumus kimia CH3OH.  Metanol merupakan bentuk alkohol paling sederhana dari yang lain.

Ketika membentuk atomsfer ia berbentuk cairan yang ringan, tidak berwarna, mudah menguap, mudah terbakar, dan beracun dengan bau yang khusus atau biasanya berbau lebih ringan dibandingkan etanol. Metanol itu fungsinya untuk apa sih Gan ? Nah, disinilah mengapa pentingnya Agan membaca artikel ini sebab semua tentang metanol akan di bahas disini.

Metanol biasa digunakan untuk pelarut, bahan pendingin anti beku, bahan bakar dan sebagai bahan additif bagi etanol dalam kebutuhan industri.  Metabolisme anaerobik oleh bakteri yang alami akan membentuk suatu senyawa yang disebut dengan metanol. Hasil dari proses tadi yaitu uap metanol dalam jumlah sedikit yang ada di udara. Kemudian selang beberapa hari, uap metanol tadi akan teroksidasi oleh oksigen melalui bantuan dari cahaya matahari yang nantinya akan menjadi karbon dioksida serta air.

Apa Itu Metanol Berdasarkan Sifatnya

apa itu metanol

apa itu metanol

Metanol merupakan cairan tanpa warna dengan titik didih sekitar 64,5 derajat celsius. Metanol bisa dicampur dengan air untuk berbagai perbandingan dan tidak membentuk campuran azeotropik serta air. Campuran tersebut lebih berbahaya daripada etilalkohol. Selain itu juga akan larut dengan air,alkohol, benzena, eter dan beberapa pelarut organik yang lain.  Sifat kimia dari metanol adalah metanol menunjukkan berbagai reaksi umum dari alkohol namun metanol hanya mempunyai satu atom C.

Metil alkohol mudah diserap dari saluran pencernaan dan didistribusikan ke seluruh cairan tubuh. Hal ini juga dapat diserap setelah inhalasi atau melalui daerah kulit yang luas. Oksidasi oleh alkohol dehidrogenase dengan pembentukan formaldehida dan asam format berlangsung terutama di hati dan juga di ginjal. Metabolit ini dianggap sebagian besar bertanggung jawab untuk gejala karakteristik keracunan metil alkohol.

Metabolisme jauh lebih lambat dibandingkan untuk etanol, yang kompetitif menghambat metabolisme metil alkohol. Oksidasi dan ekskresi mungkin berlanjut selama beberapa hari setelah konsumsi. Eliminasi dari perubahan metil alkohol melalui paru-paru dan urin adalah ekskresi rute minor. Keracunan metanol adalah keracunan akibat mengkonsumsi metanol yang dapat mengakibatkan gangguan pada papil saraf optik secara simetris, asidosis metabolik dan bahkan kematian.

Metanol merupakan alkohol yang paling sederhana dengan rumus kimia CH3OH, berat molekul 32,04 g/mol dan titik didih 64,5° C (147° F). Zat ini bersifat ringan, mudah menguap, tak berwarna, mudah terbakar, beracun dan berbau khas. Metanol digunakan secara luas pada industri mobil sebagai larutan pembersih kaca mobil, bahan anti beku, dan bahan campuran untuk bahan bakar. Kasus keracunan metanol di Amerika sangat jarang ditemukan, yaitu 1% dari total kasus keracunan. Di Inggris dan Norwegia juga merupakan kasus yang sangat jarang dijumpai.

Gejala awal keracunan metanol adalah gangguan pada tajam penglihatan. Gangguan tajam penglihatan umumnya terjadi dalam 18 sampai 24 jam setelah minum/ terpapar metanol. Dampak keracunan metanol pada setiap orang sangat bervariasi, dengan minimum lethal dose antara 300 sampai 1000 mg/kgbb. Dosis minimum yang mengakibatkan kebutaan belum diketahui, namun pernah dilaporkan kebutaan terjadi setelah minum metanol sedikitnya 4 ml.

Metanol diabsorpsi dan didistribusikan keseluruh tubuh seperti pada ethanol. Methanol juga dimetabolisir oleh enzim yang sama seperti ethanol, tetapi laju metabolismenya menyebabkan lambatnya pengaruh toksisitasnya.  Metabolisme metanol tidak bergantung pada konsentrasinya di dalam darah. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa metanol dimetabolisme oleh enzim alkohol dehydrogenase menjadi formaldehyd dan asam format.

Sekian pembahasan dari kami mengenai apa itu metanol, yang kami jelaskan diatas adalah metanol secara umum jadi pada artikel selanjutnya nanti kami juga akan membahas tentang metanol untuk keperluan industri. Metanol juga tidak boleh sembarangan Agan memilihnya sebab memang harus metanol terpilih dengan kualitas terbaik. Jika Agan membutuhkan metanol dengan kualifikasi tersebut maka silahkan saja hubungi kami di nomor Telepon / WA/ SMS 0813 8541 7070  atau Auto chat WA << KLIK  DISINI >>

Comments are closed.

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter