Tips merawat baju batik Indonesia begini lah caranya

13 June 2016 - Kategori Blog

Selamat pagi pecinta batik pada kesempatan kali ini, saya mau share tentang Tips Merawat Baju Batik. Karena sangat di sayangkan jika kain batik kesayangan anda dengan harga yang cukup tinggi tetapi cepat rusak karena tidak bisa merawatnya.

Tips Merawat Baju Batik Agar Tahan Lama.

tips merawat baju batik

tips merawat baju batik

1. Jangan Mencuci Batik dengan Mesin Cuci

Mencuci batik menggunakan Mesin Cuci dapat menyebabkan motif batik luntur dan pudar, lebih baik mencuci batik dengan cara kuno yaitu dengan menggunakan tangan. Kalau pun batik Anda terlihat sangat kotor, rendam dahulu dengan air hangat lalu kucek perlahan dengan tangan.

2. Jangan Mencuci Batik Menggunakan Deterjen

Konon zat-zat kimia yang terkandung dalam deterjen bisa merusak motif batik, jadi hindarilah penggunaan dterjen untuk batik Anda. Kalau pun harus menggunakan deterjen, gunakan deterjen khusus untuk batik atau Anda bisa menggunakan shampoo rambut.

3. Jangan Menjemur Batik Langsung di Terik Matahari

Menjemur batik langsung di terik matahari bisa menyebabkan motif batik Anda rusak, dianjurkan untuk menjemur batik di tempat teduh atau dengan cara mengangin-anginkan batik Anda supaya kering.

4. Jangan Menyetrika Batik Secara Langsung

Suhu yang panas dari listrik yang dihantarkan setrika Anda bisa menyebabkan motif batik Anda cepat rusak. Jadi usahakan jangan menyetrika batik secara langsung, beri perantara antara batik dengan setrika memakai kertas atau koran. Kalau Anda tidak mau ribet, gunakan setrika dengan suhu rendah.

5. Jangan Menyemprotkan Parfum pada Batik

Aroma parfum yang Anda semprotkan pada batik Anda sebenarnya tidak berpengaruh pada motif maupun bahan batik. Akan tetapi zat kimia yang terkandung dalam parfum yang menempel pada batik Anda lambat laun bisa merusak motifnya. Kalau Anda mau, alasi batik Anda dengan koran atau kertas tipis supaya batik Anda tetap dapat menerima wangi parfum tanpa khawatir dengan kerusakan motifnya.

6. Jangan Menggunakan Kapur Barus untuk Batik Anda

Ketika Anda memutuskan untuk menyimpan batik Anda di lemari, hindari menggunakan kapur barus hanya untuk sekedar menghilangkan bau apek. Konon katanya kapur barus dapat merusak serat batik Anda.

Semoga info ini bermanfaat. Untuk Anda yang mencari deterjen laundry silahkan KLIK DISINI. Info kontak Telepon / WA/ SMS 0812 2692 2430 – 081 357 231 263